Renungan Harian HKBP | 8 Agustus 2023

Doa Pembuka: Kita berdoa! Ya Tuhan, Allah Bapa kami yang di Surga, kami bersyukur atas segala berkatMu yang melimpah kepada kami hingga pada hari ini. Terlebih sekarang kami boleh kembali bersekutu bersama dengan FirmanMu yang kudus. Untuk itu Tuhan, kami mohon berkati hati dan pikiran kami agar kami dapat memahami FirmanMu dan melakukannya di dalam hidup kami. Di dalam Yesus Kristus kami berdoa. Amin.


Syalom! Bapak-Ibu serta Saudara/i yang dikasihi Tuhan, renungan bagi kita pada hari ini, 8 Agustus 2023 tertulis di dalam Injil Yohanes 7:18, beginilah Firman Tuhan: “Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya.”


Jemaat yang terkasih, kita semua pasti ingin dan senang dihormati oleh orang lain. Bahkan, salah satu tujuan hidup orang Batak adalah agar mendapat hasangapon atau kehormatan di dalam hidupnya. Namun Firman Tuhan pada hari ini berkata kepada kita agar kita jangan mencari kehormatan bagi diri kita sendiri, melainkan carilah kehormatan Allah melalui diri kita masing-masing. 

Nas renungan kita pada hari ini merupakan perkataan Tuhan Yesus ketika Ia sedang mengajar di Bait Allah. Saat mendengar pengajaran Tuhan Yesus, banyak orang Yahudi yang terheran-heran karenanya dan menuduh bahwa Tuhan Yesus hanya asal berbicara saja dan bukan sedang mengajarkan hukum-hukum Tuhan kepada mereka. Tuhan Yesus pun merespons mereka dengan mengatakan “Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya.” Melalui perkataanNya ini, Tuhan Yesus hendak menegaskan bahwa Ia tidak sedang meninggikan diri-Nya melalui pengajaran-Nya, melainkan Ia sedang meninggikan Allah yang telah mengutus-Nya ke dunia. 

Jemaat yang dikasihi Tuhan, sekarang perkataan Tuhan Yesus ini pun sampai kepada kita, yakni agar kita tidak mencari kehormatan bagi diri sendiri melainkan mencari kehormatan Allah melalui diri kita. Bukan hanya bagi kita yang diberikan Tuhan kesempatan dan karunia untuk dapat berkata-kata dan mengkhotbahkan Firman Tuhan kepada orang lain, melainkan Firman ini juga berlaku bagi semua orang yang ada di dunia ini. Baiklah hendaknya setiap perbuatan, pekerjaan dan pelayanan kita tidak lagi hanya sekedar mengharapkan pujian atau apresiasi dari orang lain, melainkan hendaklah kita melakukannya hanya untuk kehormatan dan kemuliaan Nama Tuhan saja. Untuk itu, marilah kita melakukan pekerjaan dan pelayanan kita dengan tulus, ikhlas dan sukacita; marilah kita melakukan pekerjaan dan pelayanan kita dengan tidak mengeluh dan bersungut-sungut; dan marilah kita melakukan pekerjaan dan pelayanan kita dengan mengandalkan Tuhan yang memberikan kita kekuatan untuk melakukannya. 

Bapak/ibu serta Saudara/i yang terkasih di dalam Nama Tuhan Yesus Kristus, kita telah diutus Tuhan ke dunia ini untuk turut memberitakan kabar baik bagi dunia ini. Kita juga diutus untuk menyatakan kasih dan cinta Tuhan kepada semua ciptaan-Nya di dunia ini. Untuk alasan itulah kita hidup di dunia ini. Oleh karena itu, hidup kita ini haruslah menjadi pelayanan bagi Dia yang telah mengutus kita.  

Mencari kemuliaan Allah melalui pelayanan juga berarti kita tidak boleh lagi bermegah diri atas pelayanan yang telah kita lakukan. Kita juga tidak boleh mencari pujian atas pelayanan yang kita lakukan. Terlebih lagi jangan sampai diri kita lebih tinggi dari Allah melalui pelayanan yang kita lakukan. Sebaliknya, hendaklah setiap pelayanan yang kita lakukan mendatangkan kehormatan dan kemuliaan bagi Nama Tuhan yang kudus. Biarlah segala kemuliaan hanya bagi Nama Tuhan. Amin.  


Doa Penutup: Kita berdoa! Terima kasih Tuhan atas FirmanMu hari ini yang mengingatkan kami untuk tidak lagi mencari kehormatan dan kemuliaan diri kami. Ajarlah kami agar melakukan setiap pekerjaan dan pelayanan kami hanya bagi kemuliaanMu saja. Biarlah setiap pekerjaan dan pelayanan yang kami lakukan mendatangkan kebaikan bagi kami dan mendatangkan kemuliaan bagi NamaMu yang kudus. Ya Bapa Yang Maha Baik kami memohon agar kiranya Tuhan memberkati kehidupan kami pada hari ini agar kiranya kehidupan kami ini boleh berjalan sesuai dengan kehendakMu. Jauhkanlah kami semua dari mara bahaya, penyakit, tindak kejahatan dan juga godaan iblis yang dapat membuat kami jatuh ke dalam dosa. Kami juga memohon agar kiranya Engkau mencukupkan segala kebutuhan kami pada hari ini agar penuh sukacita kami dalam melakukan aktivitas kami pada hari ini. Ya Bapa Yang Maha Pengampun, kami juga mohon ampun atas segala dosa dan kesalahan kami agar semakin layak kami menjadi saluran berkatMu di dunia ini. Terima kasih Tuhan, di dalam Nama AnakMu Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan berserah. Amin.


Cal. Pdt. Ondy Axidho S. Siagian, S.Th- LPP III di BALITBANG HKBP


Pustaka Digital