"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

Waspadalah Terhadap Megalomania Karena Kemuliaan Hanya Milik Yesus

Pamansuran, 09 Januari 2022

Minggu kedua di tahun 2022 ini, Ibu Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Sinaga melakukan lawatan gerejawi ke HKBP Ress. Pamansuran. Berperan sebagai pengkhotbah, Ibu Pdt. Debora Sinaga, MTh didampingi oleh Pdt. HKBP Ress. Pamansuran, Ibu Pdt. Santi Aritonang sebagai liturgis.

Dalam khotbahnya yang berangkat dari Lukas 3:15-17 dan 20-21, Ibu Kadep mengingatkan bahaya akan sikap megalomania. Sikap megalomania ini akan membuat kita gila kuasa, gila hormat, sehingga sulit bagi kita memberikan rasa hormat kepada orang lain, terlebih memberikan pemujian kepada Allah. Ibu Kadep Diakonia menyatakan bahwa kita manusia perlu meneladani sosok Yohanes Pembaptis yang sekalipun dihormati dan dikenal secara luas oleh publik di masa itu, tetapi tidak menghambat kebesaran dan kemuliaan Yesus. Yohanes menyadari bahwa kemuliaan hanya milik Yesus.


Yohanes menyaksikan bahwa Yesus lebih besar darinya, bahkan membuka tali kasut-Nya pun ia tak layak. Yohanes menyadari keberadaannya sebagai pembuka jalan bagi Messias yang datang di belakangnya. Dan kebesaran itulah yang kemudian dinyatakan ketika Yesus dibaptis, di mana ada suara yang mengatakan: "Inilah Anak-ku kepada-Nyalah Aku berkenan". Suara itulah yang menyuarakan kuasa dan keberadaan Yesus sebagai Anak Allah.

Gereja yang berdiri pada 19 Januari 1895 ini juga ditopang oleh tenaga pelayan lain selain Pdt. Ressort, yakni seorang tenaga Bibelvrouw dan 19 majelis jemaat. Kini HKBP Ress. Pamansuran memiliki 1 jemaat pagaran dan warga jemaat yang terdaftar sejumlah 250 KK.

HKBP menjadi berkat


Pustaka Digital