HKBP Persiapkan Pdt. Venesia sebagai Penerjemah Alkitab

Dalam sejarah perkembangannya Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) aktif pada gerakan penginjilan dan gerakan ekumenis. Kini HKBP sebagai anggota dari WCC, LWF, CCA, UEM, PGI dan  lainnya. Di Indonesia, ada lembaga bernama Komite Nasional-Lutheran World Federation yang beranggotakan 13 organisasi gereja dan diketuai oleh Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar.


HKBP terus memperlihatkan keaktifannya  dalam misi dan ekumenis itu. Salah satu  cara yang dilakukan HKBP terlibat dalam penerjemahan Alkitab ke bahasa ibu penduduk dunia. Karena itu, HKBP telah lama bekejasama dengan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).


Untuk mendukung penerjemahan Alkitab ke berbagai bahasa ibu penduduk dunia, HKBP mempersiapkan  Pdt. Venesia Hutabarat, S.Th   melanjutkan studi ke Lutheran School of Theology  in Chicago, USA untuk jenjang Magister (S2) dengan batasan waktu sampai tahun 2025. Diharapkan nantinya, Pdt. Venesia sampai ke jenjang doktoral (S3).


Pdt. Venesia Hutabarat diberangkatkan oleh Ompu i Ephorus dengan doa dan harapan baik (well wishes) di ibadah pagi, Senin (21/8/2023) di Ruang Kapelle Kantor Pusat HKBP. Ibu, Sri Simatupang dan Kepala Biro Jemaat, Pdt. Eden Ramses Siahaan, S.Th, M.M mewakili keluarga dan pegawai kantor pusat HKBP untuk menyampaikan kata sambutan.


Pdt. Venesia menerima beasiswa dari Evanggelical Lutheran Church  in America (ELCA). Tahap pertama untuk  studi magister dan selanjutnya,  ke studi doktoral. Ompu i Ephorus menyampaikan, "sekembalinya ke Indonesia dengan menyelesaikan studi doktoral, Pdt. Venesia akan ditempatkan HKBP ke LAI sebagai tenaga penuh waktu."


Pesan Ompu i Ephorus di sambut keriuhan sukacita pegawai kantor pusat HKBP. Harapannya juga, pesan dari Ompu i menginspirasi dan menyemangati warga HKBP dan umat Kristen di seluruh dunia (B.TIK)


Pustaka Digital