Rapat MPS HKBP 2023: Tanggung Jawab Etis Anggota MPS

Pembukaan Majelis Pekerja Sinode (MPS) HKBP pada Rabu (30/8/2023) di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Tarutung. Peserta yang hadir pada pembukaan sejumlah 62 orang sebagai hasil roll call oleh Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar. Menurut informasi dari panitia, peserta masih ada dalam perjalanan menuju tempat rapat. 




Ibadah pembukaan dipimpin oleh salah satu peserta rapat, yakni Ketua Balitbang, Pdt. Dr. Jhon Kristo Naibaho. Dalam khotbahnya dari 1 Tawarikh 16: 35, menjelaskan penyelamatan dan perbuatan-perbuatan Allah yang sangat luar biasa, seperti penyelesaian Hutang Dana Pensiun dan Sentralisasi Keuangan dapat berjalan baik selama delapan bulan ini.



Pdt. Jhon Kristo membekali peserta Rapat MPS dengan khotbahnya. Menurut informasi dari Badan Pengelola Sentralisasi Keuangan (BPSK), jemaat HKBP yang beribadah setiap minggunya sebanyak 30 %. Kemana 70 % lagi jemaat ini? Sedangkan salah satu  keputusan MPS  awal tahun 2023 ini ialah akan berupaya menghadirkan 75 %  jemaat untuk mengikuti ibadah-ibadah.


Salah satu tugas dari MPS yaitu membantu pimpinan untuk melaksanakan keputusan-keputusan Sinode Godang HKBP, termasuk mensukseskan Sentralisasi Keuangan HKBP. ini merupakan tanggung jawab etis seluruh anggota MPS, tegas Pdt. Naibaho.



Rapat dipimpin Ephorus didampingi empat pimpinan lainnya. Ephorus meminta persetujuan akan tata tertib rapat, pengesahan kelompok sidang dan pengesahan notulen. Beberapa anggota memberi masukan, setelahnya semua peserta menyetujuinya dan Ephorus mengesahkan ketiga hal di atas. 




Rapat pembukaan berlangsung baik dan lancar. Semua peserta mengikuti rapat serius. (B.TIK)

Pustaka Digital