Ephorus HKBP Mengikuti Pertemuan Pimpinan Gereja Lutheran di Australia

Pimpinan HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menjadi salah satu yang ikut dari 10 Pimpinan Gereja-gereja Luther yang mengikuti pertemuan di Kampus Teologi Lutheran Church in Australia di Kota Adeleide. Pada hari pertama seluruh peserta yang hadir melaksanakan pertemuan dan diskusi bersama dengan Bishop Em. Dr. Andreas Pfisser tentang Teologi Praktika, pelayanan pastoral khusus secara pemahaman Gereja Lutheran. Kegiatan ini berlangsung sejak 10 - 17 Agustus 2023 yang lalu. (Sabtu, 19 Agustus 2023) 



Kesempatan kali ini juga dipakai untuk mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di Australia. Seperti berkunjung ke makam pendiri Gereja Lutheran di Australia. Ephorus mendapat informasi dari Pdt. Matthew Anker (Asistent Bishop LCA) bahwa gereja-gereja Lutheran disini terdampak temuan tindak kekerasan masa lalu yang terjadi kepada anak-anak di lingkungan gereja. Tampak terlihat dalam pamphlet yang bertuliskan:


"Gereja LCA berkomitmen menyediakan lingkungan gereja yang aman bagi anak-anak dan pemuda. Gereja LCA mengaku bahwa anak-anak adalah anugerah Tuhan Allah dengan kerentanan-kerentanan khusus, sehingga mereka butuh pemeliharaan dan pengasuhan dalam pertumbuhan rohani mereka dan mereka membutuhkan perlindungan dari segala bentuk penyalahgunaan kuasa. Gereja LCA juga mengkonfirmasi bahwa ia tidak memiliki toleransi pada penyalahgunaan wewenang terhadap anak-anak, dan semua orang-orang LCA memiliki tanggung jawab penting penting memelihara anak-anak dan menjaga keamanan mereka. Cara kita memelihara mereka dan juga merefleksikan kemurnian iman kita, kasih Allah dan pemeliharaannya."




Melihat hal tersebut, Ephorus HKBP menyerukan dalam postingan Facebook bahwa HKBP juga harus bergerak untuk melindungi anak-anak dari tindak kekerasan. Pada hari berikutnya bersama Pdt Fraser, Pendeta LCA Bethel di Adeleide, Ketua Komisi Teologi dan Dialog dengan Gereja Katolik dari gerejanya, berdiskusi dan belajar tentang bagian-bagian penting dari isi Konfessi Augsburg dan pelayanan pendeta serta tugas rohani Bishop dalam pemahaman Luther.



Dalam postingan Ephorus HKBP di laman facebooknya, mengucapkan terimakasih banyak untuk segenap keluarga Lutheran Church yang telah menjamu dah menopang seluruh pimpinan gereja-gereja anggota LWF selama berada di Australia tepatnya di Kota Adelaide. (Dikutip dari FB Ephorus HKBP) 

Pustaka Digital